Awas, Minuman Beralkohol Sebabkan Wanita Mandul

Sabtu, 24 September 2016 - 20:03 WIB
Awas, Minuman Beralkohol Sebabkan Wanita Mandul
Awas, Minuman Beralkohol Sebabkan Wanita Mandul
A A A
JAKARTA - Waspada jika Anda kerap mengonsumsi alkohol. Pasalnya, penelitian terbaru menunjukkan, wanita yang kerap mengonsumsi alkohol lebih berisiko mandul. Perempuan yang mengonsumsi 14 sajian alkohol dalam satu minggu bisa menyebabkan kesuburan turun hingga 18%.

Penelitian ini melibatkan 6.120 wanita Denmark berusia 21-45 tahun. Hasilnya didapat 37 kehamilan dari 307 siklus menstruasi pada wanita yang mengonsumsi lebih dari 14 sajian alkohol atau lebih dalam seminggu. Sementara wanita yang tidak minum alkohol terdapat 1.381 kehamilan dari 8.054 siklus menstruasi.

Dilansir Times of India, minuman ini akan bekerja menganggu siklus mentruasi. Sementara bagi wanita hamil, mengonsumsi alkohol akan membahayakan janin pada minggu-minggu pertama kehamilan.

Namun, konsumsi tujuh hingga delapan sajian alkohol dalam satu minggu tidak memengaruhi fertilitas perempuan. Meski demikian, para peneliti tetap menyarankan untuk menghindari akohol. Khususnya, bagi wanita yang sedang ingin memiliki buah hati.

"Total pantang mungkin tidak diperlukan karena konsumsi alkohol secara moderat tidak memengaruhi kesuburan," kata peneliti dari University College London, Inggris Annie Britton.
Namun, jika pasangan ada yang masih mengalami kesulitan memiliki buah hati, Britton menyarankan untuk suami dan istri berhenti mengonsumsi alkohol.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5980 seconds (0.1#10.140)